Sejarah Harmonika


Harmonika adalah alat musik kecil yang cukup mudah dimainkan, hanya tinggal meniup dan menghisapnya akan menghasilkan suara yang cukup bagus.Harmonika berasal dari alat musik trasisional China yang bernama ‘Sheng’ yang telahdigunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran ‘Nyu-kwa’. Harmonika modern ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian Friedrich Buschmann. Sebuah instrument musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar logam yang disusun secara horizontal dengan desain yang kurang baik dan hanya menyediakan nada tiup kromatis. Desain dari Buschmann akhirnya banyak ditiru dan dimodifikasi menjadi lebih baik. Salah satunya adalah harmonika buatan Richter yang merupakan desain awal dari sebuah harmonika modern. Pada tahun 1826 ia mengembangkan variasi harmonika dengan 10 lubang tetap dan 20 plat getar dengan pemisahan fungsi plat yang ditiup dan yang dihisap. Pada akhrinya nada yang dibuat oleh Richter disebut sebagai nada diatonic dan merupakan nada standard dari harmonika.

Tahun 1847 Keluarga Seydel “Johann Christian Seydel dan Christian August Seydel” yang sebelumnya adalah keluarga penambang di Sachsenberg-Georgenthal /Saxony mulai mengembangkan usaha instrument harmonika dikarenakan kegiatan usaha penambangannya yang dihentikan.

Pabrik pembuatan harmonika di tempatkan di Klingenthal di bawah kaki gunung ’Aschberg’, selanjutnya seydel semakin mengukuhkan diri sebagai pabrikan harmonika diseluruh wilayah Saxony.

Tahun 1857 sang pengrajin jam Jerman bernama Matthias Hohner memutuskan untuk menjadi produsen harmonika. Dengan bantuan dari keluarganya, ia dapat memproduksi 650 harmonika tahun itu. Hohner memperkenalkan harmonika ke Amerika Utara pada 1862 sebuah langkah yang membawa pabrikan Hohner menjadi produsen nomor satu untuk harmonika. Pada 1887 Hohner telah memproduksi lebih dari 1 juta harmonika per tahunnya. Sekarang Hohner telah memproduksi lebih dari 90 model harmonika yang berbeda jenis, nada dan model. Yang memungkinkan untuk memainkan berbagai macam gaya musik mulai dari pop, blues, rock, country, ska dan bermacam-macam lainnya. (Dari Wikipedia dan berbagai sumber)

Perihal

Seorang laki yang kebetulan bernama asli Wisnu Setiana

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Musik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats
  • 68,797 Pengunjung
Wisnu Setiana

Arsip
Kategori

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 1.705 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: