Pengalaman Belajar Harmonika


Sebelum lanjut, terlebih dahulu saya mau mendoakan orang yang membaca tulisan ini agar selalu diberi kebahagiaan, kesehatan dan keselamatan dunia akhirat. Amin.Kayak pidato ya.Saya ingin berbagi kepada pembaca mengenai pengalaman belajar harmonika lewat tulisan ini meskipun agak sedikit lebe’, namanya juga personal bloging. Langsung saja Cekibrot.

Saya sangat tertarik sekali dengan music, bakat yang diturunkan dari orang tua mungkin ya. Bisa dibilang saya ini berjiwa music tapi bermain otodidak, tidak banyak belajar tentang teori dan not balok atau sejenisnya lah. Saya sangat antusias sekali dengan yang namanya alat music, tradisional ataupun modern, meski baru sedikit yang pernah saya mainkan. Salah satunya alat music berukuran kecil yang disebut harmonika. Beuh enjoy sekali saya memainkannya. Saya mulai belajar harmonika beberapa bulan kebelakang, tepatnya

ketika harmonika pertama saya ada, waktu itu akhir tahun 2011-an di kasih teman satu kosan pas ada kerjaan bareng di Kuningan Jabar. Tuh fotonya di atas yang merknya Winner Harmonika Suzuki. Harmonika ini lubangnya ada 16, tidak termasuk lubang baut nya, hihi. Jenisnya Tremolo. Kalo rusak bisa di bawa ke bengkel resmi terdekat di kota anda, hah udah kayak motor aja. Namanya juga baru belajar, jadi dulu cuma genjrang-genjreng aja, loh kok kayak gitar ya, maksudnya tiup kenyot sana sini tapi agak lumayan menghasilkan nada yang mungkin enak di dengar. Oke Lanjut.

Harmonika kedua saya merknya HOHNER Special 20. Kalau gak salah, berarti bener ya, nama Hohner di ambil dari produsen nya Matthias Hohner dari Jerman. Di kasih juga sama temen cewe tepatnya di bulan April taun 2012, hadiah ulang tahun saya yang ke-21. Jadi kapan saya beli sendiri ya, dikasih terus, heuheu. Harmonika ini jenisnya Harmonika Diatonic, sering dimainkan di music blues, rock, jazz dan antek-anteknya. Oh iya nih di bawah jenis-jenis harmonika :

  1. Diatonic Harp. Lubangnya ada 10,Dari berbagai jenis susunan diatonik yang paling populer adalah jenis “major diatonik”,umumnya bernada dasar C, namun setiap buah harmonika mempunyai nada dasar yang bervariasi dari C sampai ke G, susunan lubangnya sama, biasanya setiap nada dasar yang berbeda di gunakan untuk transpose nada untuk permainan lubang nada yang sama. Harmonika diatonik jenis ini lebih sering di pergunakanpara pemain Blues dan Rock, dan sebagian pemain Jazz.
  2. Chromatic Harp. Ukurannya lebih besar dari diatonik, jumlah lubangnya bervariasi dari 10,12 14 dan 16 lubang dan mempunyai tombol pada ujung lubang nada, tombol tersebut fungsinya untuk menghasilkan nada kromatik, sama kayak tombol hitam di piano. Biasa dipakai di music pop, jazz, klasik.
  3. Tremolo dan Echo Harp. Harmonika jenis ini punya 12 lubang semitone yang bisa dimainin. Harmonika yang memberi efek gema atau berulang pada nada yang dimainkan. Biasa dipakai untuk main Clasic dan Harmonika Group bareng sama Chromatic dan Chord Harp.
  4. Chord Harp. Harmonika yang berukuran besar, bisa sampai 48 chord yang membedakan lubang tiup dan kenyot nya. Khusus buat main Clasik dan Harmonika Group.

Saya lebih tertarik denga harmonika diatonic, ya karena saya memang menyukai music blues. Sudah hampir satu bulan saya belajar harmonika diatonic kunci C ini, sampai saya menulis tulisan ini. Jadi bisa dibilang saya ini masih belajar.


Saya belajar sendiri dari baca-baca artikel di internet dan nonton di Youtube. Dari mulai cara megang, kemudian teknik-tekniknya kayak Straight Harp yaitu teknik memainkan harmonika dengan kunci yang sama dengan awal chord lagu. Biasanya digunakan untuk mengganti suara vocal manusia menjadi bunyi pada harmonika atau lagu-lagu lain dengan nada dasar C. Misalnya Chord lagu berawal dari G, maka harmonika juga menggunakan kunci G. Cross Harp yaitu teknik memainkan harmonika dengan selisih perbedaan 4 nada kebawah. Misalnya Chord lagu berawal dari C maka harmonika yang dipake adalah kunci C. Biasanya digunakan pada lagu bergenre Blues atau Rock. Tehnik yang memberikan banyak kesempatan untuk bereksperiment menggunakan bending. Slant Harp yaitu teknik memainkan harmonika pada awal chord 1 nada ke atas. Misalnya harmonika kita kunci D maka kita bisa mainin dengan chord E. Cukup sulit untuk dimainkan karena untuk memainkannya harus menguasai tehnik bending dan overblow/overdraw dengan sempurna.

Terus kemudian saya belajar Bending, Overblow/Overdraw. Lumayan lah udah bisa ngbending, kalo overblow/overdraw saya masih belum bisa karena mesti banyak latihan lagi, baru bisa bending aja kedengarannya udah enak brow, feel Blues nya udah dapet.

Pada umumnya memang  para pemain blues lebih mengutamakan permainan dengan teknik bending untuk mendapatkan nada yang tidak tesedia pada 10 lubang tiup dan kenyot itu. Teknik Bending tuh di kenyot dan di tiup dengan cara menarik lidah lebih kedalam untuk mendapatkan efek bending. nyot nyot dikenyot nyooot, hihi :D. Nih susunan bending :

Nah kalau Overblow dan Overdraw tuh teknik lanjutan setelah teknik bending. Teknik ini lebih mendapatkan nada-nada kromatik pada harmonika diatonic. Ya seperti yang saya katakana tadi, untuk menguasai teknik ini mesti banyak latihan, agak-agak susah emang.
Nih susunan Overblow dan Overdraw :

Oh iya nih ngomong-ngomong soal blues, untuk mainin blues tentunya kita tidak memakai harmonika yang sama dengan chord lagu. Sesuai dengan penjelasan di atas tentang tehnik cross harp. Kita butuh harmonika dengan selisih perbedaan 4 nada kebawah.
Jika chord lagu berawal dari C, maka harmonika yang dipake adalah kunci F.
Jika chord lagu berawal dari D, maka harmonika yang dipake adalah kunci G.
Jika chord lagu berawal dari E, maka harmonika yang dipake adalah kunci A.
Jika chord lagu berawal dari G, maka harmonika yang dipake adalah kunci C.
Jika chord lagu berawal dari A, maka harmonika yang dipake adalah kunci D.

Ya kira-kira begitulah bapak-bapak ibu-ibu semua yang ada disini tentang pengalaman saya belajar harmonika. Saya akan terus belajar dan terus belajar memainkan harmonika dan alat musik yang lainnya yang ingin saya pelajari sampai bisa. Apa tidak serakah tuh? Oh ya tidak, belajar tidak ada batasnya. Mempelajari sesuatu itu memang harus ada niat terlebih dahulu. Mudah-mudahan yang baca tulisan ini tertarik untuk belajar harmonika karena semua orang bisa memainkan alat musik ini.
Trimakasih sudah membaca. Salam volcafard.

Iklan
Perihal

Seorang laki yang kebetulan bernama asli Wisnu Setiana

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Musik
106 comments on “Pengalaman Belajar Harmonika
  1. onlennon berkata:

    ikut belajar gan 🙂

  2. onlennon berkata:

    minta chord yg ente maenin dong

  3. Rexi berkata:

    winner suzuki.a sama ne .. do re mi.a yang mana sih ?

  4. Rexi berkata:

    hahahaa 😀
    do d lubang ke 4 ?
    oh y tau not angka lagu happy birthday ga ?

  5. Rexi berkata:

    srius ne ?
    ok thanks , tau lagu yg romantic g tp yg gmpng ?

    • volcafard berkata:

      iya bner, coba aja pke tuner.
      lagu apa ya, bnyak sih tp gak pake not angka, cuma ngikutin lagu nya aja

  6. Rexi berkata:

    lagu apa tuh ?
    duh admin bls.a kelamaan share nope.a dng biar bs sms tw tlpn gmn ?

  7. mirzahidayat17 berkata:

    mau tanya klo mau bli harmonika dmana?

  8. Ade Temon berkata:

    pen-JELAS-an yang cukup JELAS bagi pemula
    makasih udah berbagi cara memainkan harmonica

  9. Indragiri Jatikusuma berkata:

    gan, bending ko susah amat ya?
    apa ngaruh harmonicanya, saya pake diatonic C suzuki folk master

    • volcafard berkata:

      emg lumayan sih, msti bnyak latihan, latihan pernafasan dlu gan pke diafragma, pas nyedot, prut na k dpan, nanti juga lama2 pasti bisa kok, ane juga gitu.

  10. Tj berkata:

    Min.
    klo pak iwan fals pke harp deatonic pa cromatic ea?
    sma minta cord music yg mudah klo ad
    thx

  11. Lily berkata:

    hei mas bro salam kenal…!! klo dipikir2 kebanyakan peminat harmonika tu cowok,,,,tp w juga minat neh gimana dunks?? tapi mash bingung sama kunci2nya (-__-”)

  12. kyt berkata:

    bang, di video lho tu pake harmonica jenis apa dan brapa lobang?

  13. kyt berkata:

    makasih bang, kalau pake tremolo bisa gak bang? intro nya terlalu manis?

  14. kyt berkata:

    mungkin ayaS minta alamat email facebook loe aja bang, biar nanti enak kalau gwa minta pendapat loe…..

  15. bejo berkata:

    bang buat pemula disaranin pake harmonika jenis apa? jelasin cara mendasarnya buat main harmonika dong

    • volcafard berkata:

      tergantung sih, kalo mnurut pngalaman saya, pemula tuh enaknya tremolo dulu, trus ke diatonic, tapi gak tahu kalo yg lain mah

  16. Boim berkata:

    Gan, kalo digenre Ska cocoknya pake harmonika jenis apa?

  17. dany berkata:

    gan bagi intronya slank terlalu manis y pake diatomik

  18. kyt berkata:

    makasih bang penjelasannya, doain semuanya sukses

  19. kyt berkata:

    kuncinya harmonica tremolo 16 lobang gimana bang?

  20. dwi berkata:

    ajarin saya main harmonika mas. . 😦

  21. kyt berkata:

    makasih bang

  22. jeje berkata:

    bang, bending yang bener tuh lidahnya gimana?

  23. Ederia berkata:

    Gan, saya beli harmonika suzuki yang 16 lubang sama kayak agan punya. Trus saya coba test pake tuner harmonika kok kunci C ny gk kedetect yah dah sya tiup berkali kali mohon petunjuk thz

  24. mery berkata:

    Omigott.. Pgn belajar bgt.. Tp aku buta sma sx ttg nada..

  25. joe berkata:

    gan ane masih bingung nih sm penjelasan yg bagian ini
    Jika chord lagu berawal dari C, maka harmonika yang dipake adalah kunci F.
    Jika chord lagu berawal dari D, maka harmonika yang dipake adalah kunci G.
    Jika chord lagu berawal dari E, maka harmonika yang dipake adalah kunci A.
    Jika chord lagu berawal dari G, maka harmonika yang dipake adalah kunci C.
    Jika chord lagu berawal dari A, maka harmonika yang dipake adalah kunci D.

    jadi klo kita mau mainin banyak lagu dengan nada dasar yg beda2, kita juga harus mainin harmonika dengan nada dasar yg beda atau bs dengan satu harmonika?

    • volcafard berkata:

      bukan chord sih yang lbih tpat na mah nada dasar, misal nada dasar lagu nya C, harmonikanya pake yang F, yang ane tau nada dasar tuh bukan chord awal lagu, gitu kali ya. jadi harmonika nya juga harus beda-beda kalo mau mainin nada dasar yang beda2

  26. sef berkata:

    gan tau not lagu “you raise me up” ngak?

  27. Abu berkata:

    Salam kenal
    klo mau beli harmonika Hohner dimana ya?

  28. dwi berkata:

    gan saya kan punya harmonika 24 lubang….gimana cara memainkannya gan? saya benar benar gak paham apapun tentang nada.tapi saya adda keinginan untuk mahir memainkannya.tolong ya gan.

  29. iman n berkata:

    minta referensi lagu apa aja yg gampang yg ada harmonikanya gan

    • volcafard berkata:

      slank terlalu manis lumayan tuh bisa d bending juga, trus yang pulang kerja, gosip jalanan, atas nama blues, trus iwan flas juga banyak, bento, belum ada judul, belalang tua, ujung aspal pondok gede.

      • iman n berkata:

        ane udah beli harmonika bluesmaster suzuki nada dasar G,,kalo mainin lagu sesuai not,ane bisa dikit dah,,nyoba mainin intro terlalu manis slank,bendingnya ga dapet2..yang kaka mainin tu harmonika G kan ya??

      • volcafard berkata:

        intro terlalu manis maennya pake harmonika C, yg ane mainin juga kunci C

  30. Yaya berkata:

    Salam kenal om, jadi pengen belajar harmonika nih 😦

  31. kak,pengen nanyak nih,
    tau ga Not angka indonesia jaya?
    pake harmonica yg mana ya kalo dengan lagu ini?
    ^_^

  32. arie berkata:

    yg lo mainin enak gan… jd pengen belajar jg nih..

  33. hinada berkata:

    kalo harmonika A susunan nadanya gmn y?

  34. iqbal berkata:

    bang , aku tertarik bgt nih sma harmonika, kalu mau beli kira2 harganya berapaan ya? 🙂

    • volcafard berkata:

      kbtulan tadi hbis jalan2 beli snar violin ke toko musik di BIP, liat2 hrmonika kalo gak salah yg angle harmonica 10h hrgnya 75rb, suzuki folkmaster 75rb, yg winner 60rb, hohner mah diatas 300 bang

  35. suprek berkata:

    bro mnta tabs lgunya iwan fals

  36. Azmi berkata:

    klo di daerah jkarta timur dimna y gan yg jual alat musk trutma hrmonika

  37. wah asik masih aktif blogna. 3 hari yg lalu dibalesnya 😀
    Ane mau ngulik yg bento om. pakenya harmonika diatonic nada dasar A?
    Trus bedanya harmonica yg 75rb-an sm yg 300 rb-an ke atas apa om?

    Tq ya

  38. prasthadika berkata:

    keren..
    broh mau nanya dong, kan temenku biasa blues2an pake gitar dinada E yaa semacam bento gitu, nah pake nya harmonika yg nada apa ya? hatur nuhun sateuacanna

    • volcafard berkata:

      Harmonika kunci A juga bisa, tp saya juga blum nyoba yg A 😀
      baru punya yang C, saya juga biasanya kunci C juga masuk di nada E

  39. fernando berkata:

    gan, gimana cara memahami kunci harmonika suzuki winner 20 lobang?
    gue ngak paham2!

  40. sony berkata:

    kalo mau mainin part harmonika slank – terlalu manis pake harmonika tremolo gmana cara nya ? ?

  41. kyt berkata:

    chord bento gimana bang?

  42. rezza berkata:

    Aduhh , kayakny lumayan sulit nih , cari harmonica diatonik di sini payah

  43. baday berkata:

    kalau tremolo 24 lubang kuncinya gmana bang ??

  44. Ilham Ardang berkata:

    gimana caranya menggunakan harmonika hero 16 lubang??

  45. Whyu permono aji berkata:

    iya sama lubang harmonika 25 lubang juga gmana aku bigung mau niup ngepasin lubangnya…

  46. ramsyah berkata:

    Mau nanya Kalo lagu bento iwan fals harmonika nya kunci apa ya

  47. DNGZ berkata:

    mas, boleh minta tab harmonika buat mainin blues sama country ngga?
    makasih mas

  48. DNGZ berkata:

    mas boleh minta tab harmonika buat blues sama country ga?
    saya belajar 4 tahun masih belum dapet feel blues nih soalnya –”
    makasih mas
    salamsedotsebul

  49. ayu berkata:

    kak mau tanya, ceritanya harmonika ku nada dasarnya C,, trs mau belajar ganti suara vokal sama harmonika, tp nada dasar musiknya E. Ada ngga tekniknya biar menyelaraskan nada dasar atau bener2 kita harus pake harmonika yg nada dasarnya E (biar straight harp) ?

  50. dedik berkata:

    Bang. Ane masih pemula mau tanya, bedanya harmonika diatonik kunci c ama kunci g apa ya?
    Kemarin beli tapi nyang kunci g Trus mau belajar tapi tutorial di internet nemu yang dimulai pake kunci g. Gimana ya cara belajarnya mohon pencerahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats
  • 102,405 Pengunjung
Wisnu Setiana

Arsip
Kategori

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 1.706 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: