Berbagi Pengalaman Instal XP di Laptop Compaq Presario CQ40-717TU


Aduh apa lagi ini, kesel banget mau ngerjain tugas persentase, laptop gak bisa log on gara-gara virus, gak tahu virus apa, fluBurung kali, da sering sembarangan copy paste colok ini colok itu ke laptop. Waktu itu saya pake Window Seven. Saya mikir bagaimana ni masalah cepet selesai dalam waktu yang singkat, karna tugas saya lumayan ngambil wktu yang tidak sedikit, da tugas persentasena ge make Flash, jadi rada lila beda jeung Power Point. Biar agak menghemat waktu saya putuskan untuk install ulang saja, kebetulan ditas ada Xp SP3 punya temen, lagian saya memang udah ada niat pake Xp sebelumnya. Ya udah saya masukin tuh kaset ke DVD-RW dan siap ngbooting. Eeeh baru aja kick off, udah ada peluit, baru aja saya masukin dan preparing instalasi, problem has detected. Di coba lagi, gitu lagi, argh…
Ah da hayang gera beres, udah aja saya instal Window Seven aja lagi di kosan temen di ledeng skalian nginep. Pake seven lagi deh saya, Ya udah saya bisa ngerjain tugas lagi tuh. Tapi dipikir-pikir memang saya pengen pake Xp. Saya mulai browsing ke internet cara instal Xp di Compaq Presario CQ40, saya nemu tuh di Blog Mas Baz. Ya udah deh saya cobain daripada penasaran gak bisa-bisa. Intinya sih belum ada Xp yang mensupport driver Sata, CQ40 kan sudah memakai Hardisk Sata, berarti saya harus bikin Xp menjadi support Sata
Tak pikir panjang langsung saja saya kerjain.

1. Saya download dulu Net framework, NLITE dan juga ICH9 Sata Driver.
2. Terus saya copy seluruh isi CD Xp yang SP3 ke folder yang saya buat dan saya beri nama “XP SATA” di Partisi “D”.
3. ICH9 Sata driver juga saya extract di partisi D
4. Terus saya instal NLite nya, saya buka dan muncul tampilan awal, saya next aja, terus saya Browsing ke folder “XP SATA” yang tadi saya buat yang ada seluruh isi dari CD Xp :

Gambar 1

5. Next lagi dan muncullah detil Window Xp yang akan dibuat :

Gambar 2

6. Next lagi, saya lewatin proses “Preset”, dan klik next lagi sampai pada proses “Task Selection” :

Gambar 3

7. Kemudian saya pilih “Driver” dan “Bootable ISO”, next lagi dan klik “Insert”, pilih single folder, lalu pilih “iaAHCI” di folder ICH9 sata driver yang telah kita extract tadi :

Gambar 4

8. Klik open dan saya pilih “ICH9M-E/M SATA ACHI Controller”.

Gambar 5

9. Klik OK dan langsung saya pilih Yes untuk memulai proses inject driver sata ke Xp driver :

Gambar 6

10. Saya tunggu sampai proses selesai. Dan setelah selesai saya klik “Make ISO” dan memilih tempat untuk menyimpannya, saya simpan aja lagi di “D” :
Gambar 7

11. Pas udah selesai, saya klik next dan finish.

12. Langkah saya yang selanjutnya adalah Burning ISO yang baru saja saya buat dengan menggunakan Nero 8.

13. Nah ini dia yang agak berat waktu itu, saya harus mendowngrade BIOS, pake BIOS_F.11E_CQ40. Dengan menDowngrade BIOS, otomatis saya harus mengorbankan WifiCard karena bakalan gak support. Tapi saya pikir tak apa lah, daripada setengah-setengah, (lagian WiFi nya juga jarang di pake soalnya jatah saya gratisan Hotspot di kampus udah habis, kalo sekarang mesti bayar, uuuugh, sekarang saya mending pake modem CDMA punya saya aja).
Ya udah, lanjut. Saya downgrade BIOS nya, dari yang semula F.60 menjadi F.11E. Lumayan beresiko juga sih, salah-salah nanti bisa mati total laptop saya. Saya jalankan aja langsung aplikasi nya yang telah di download. Sempet mikir lama juga sih dalam proses ini, soalnya mesti di pasang colokan adaptornya, kan waktu itu gak saya pasang colokannya, da saya belum pernah downgrade BIOS. Pas udah selesai, laptop shutdown sendiri. Saya nyalain dan lngsung masukin CD hasil ngBurning dan siap Instalasi, eh saya lupa remove WiFi Card nya, soalnya kan udah gak support, jadi gak bisa masuk boot proses, kieu cenah : “104- Unsupported wireless network device detected. System Halted. Remove device and restart.”
Ya udah saya buka dulu WiFi Card yang terletak di samping Hardisk, dan siap-siap ngbooting. Saya instal XP di partisi “F”, soalnya Partisi “C” udah keisi System Reserved. Aneh juga saya kenapa itu Window yang sebelumnya, ada di “F”, padahal dulu saya instal Windownya di “C”.

14. Nah udah beres deh saya Instal Xp SP3 di Compaq Presario CQ40-717TU saya, yang selanjutnya saya instal Driver XP buat CQ40 yang udah saya download di ACHNET BLOG. Gak cuma dari blog itu sih, karena ada beberapa driver yang gak bisa saya download, Driver Chipset, Driver VGA, LAN, dan IDT High Definition Audio CODEC. Ya udah saya cari-cari lagi drivernya di google. Nah saya instal satu-satu dan secara berurutan.
Akhirnya beres juga pekerjaan ini, dan saya tutup dengan bacaan Alhamdulillah…

Perihal

Seorang laki yang kebetulan bernama asli Wisnu Setiana

Tagged with: , , , , , , , , ,
Ditulis dalam TipsTech
4 comments on “Berbagi Pengalaman Instal XP di Laptop Compaq Presario CQ40-717TU
  1. Haries mengatakan:

    mas…
    kbtulan laptopp sya sma persis modelnya kya punya mas…

    sya instal xp…soalnya klo make seven boros RAM nya…

    nah stlah sya instal… sya kejebak di

    “104- Unsupported wireless network device detected. System Halted. Remove device and restart.”

    nah otomatis donk sya lepas neh card wifi nya…

    yg sya tnyakan ?? kita g bsa make wifi lg ato gmn ??

    sya mohon bntuan nya…
    scpatnya di bals…

    klo brkenan mas sms ke no sya 085717172221

    nanti sya telp balik…

    • Wisnu mengatakan:

      belum tahu juga klo mslah bisa atau nggaknya pakai wifi lg, tapi pasti bisa.
      Mas cb aza cari wifi card laptop compaq Versi Lama, sy blum smpet nyari mas, jd blum tahu bisa atau nggak.

  2. imfarizz mengatakan:

    bagaimana cara melepas wifi cardnya?

Tinggalkan Balasan

Blog Stats
  • 68,797 Pengunjung
Wisnu Setiana

Arsip
Kategori

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 1.705 pengikut lainnya

